Mencari Anak Usaha yang Profitable

Mencari Anak Usaha yang Profitable

Melanjutkan bites sebelumnya mengenai kepentingan non pengendali, kali ini kita akan lebih berfokus pada anak usaha mana yang lebih menguntungkan bagi perusahaan dengan contoh yang masih sama yaitu CASS dan APLN.

Laporan Keuangan CASS FY 2021
Laporan Keuangan CASS FY 2021

Untuk CASS sendiri seperti gambar diatas, terlihat jelas anak usaha mana yang menyumbang pendapatan terbesar untuk perusahaan. Dari situ kita bisa mencari tahu lebih dalam terhadap kepentingan non pengendali yang kurang menguntungkan investor minoritas seperti yang dibahas pada artikel sebelumnya.

Laporan Tahunan CASS 2020
Laporan Keuangan CASS FY 2021

Ternyata JAS sebagian dimiliki oleh SATS Ltd, yang juga merupakan pemegang saham mayoritas dari CASS. For your information, SATS Ltd ini juga merupakan perusahaan yang bergerak dibidang usaha penunjang penerbangan pada bandara Singapura dan sahamnya juga tercatat di Singapore Exchange (SGX). Hal ini tentu merupakan konfirmasi terhadap asumsi kita pada artikel sebelumnya kalau CASS ini mempunyai GCG yang kurang baik karena laba tersebut seharusnya masuk juga kepada CASS yang juga merupakan anak usaha dari SATS.

Berikutnya kita akan membahas APLN, hanya saja karena bergerak dibidang properti perusahaan ini cenderung memiliki banyak anak usaha. Saat ini, ada 40 anak usaha yang dimiliki secara langsung dan 12 dimiliki melalui kepemilikan tidak langsung.

Laporan Keuangan APLN FY 2021

Dari segmen sendiri, terlihat 4 bidang usaha yang menyumbang pendapatan dan laba terbesar bagi perusahaan. Dan untuk memudahkan, kita dapat menyaring anak usaha yang hanya berada dibidang tersebut, tidak dimiliki secara 100%, dan memiliki aset yang cukup besar.

Data keuangan APLN diolah

Dari ke 4 anak usaha ini saja, aset yang dimiliki mencapai 35% dari total aset perusahaan. Namun sayangnya APLN tidak seperti CASS yang memperlihatkan siapa pemegang saham lainnya pada anak usaha. Tetapi dari CALK nya kita bisa melihat dari anak usaha mana yang menyumbang laba kepada kepentingan non pengendali.

Laporan Keuangan APLN FY 2021

Selain anak usaha yang profitable, dari sini juga kita bisa melihat anak usaha mana yang mengalami kerugian dari tahun ke tahun. Dan juga penyebab kerugian APLN yang sebenarnya terdapat pada beban keuangan yang cukup besar.

Memang kita tidak dapat mengetahui secara pasti anak usaha mana saja yang menyumbang angka pendapatan dan laba bersih secara detail, namun paling tidak dengan mencari tahu kepentingan non pengendali dan list anak usaha maka kita bisa mendapatkan gambaran seperti apa perusahaan yang sedang kita analisa ini.